Perintah Alloh untuk Qurban kepada hambanya menjadi perintah yang ditekankan walaupun tidak wajib bagi yang tidak mampu, bahkan berqurban tidak harus dengan biaya sendiri, qurban juga bisa dengan patungan atau digotong bersama-sama, bisa berdua, bertiga, berempat, berlima, enam, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh….. atau berkelompok secara patungan. Bisa seekor kambi, sapi, kerbau, kijang, atau unta. Lalu bolehkah orang yang berqurban itu makan dari daging hewan qurbannya?
Alloh berfirman dalam surah Al-Haj: ayat 28):
فَكُلُواْ مِنْهَا وَأَطْعِمُواْ الْبَآئِسَ الْفَقِيرَ
“Makanlah darinya dan berikan kepada orang yang sangat membutuhkan.” (Qs. Al-Haj: 28)
Didalam hadits lain, daging qurban boleh di makan sepertiganya, sebagiannya supaya dibagikan kepada tetangga, dan orang-orang baik yang minta maupun yang tidak minta. 

Itulah kenapa dikatakan bahwa Idul Qurban adalah harinya ndendeng, daging qurban boleh dimasak dan dimakan bersama, apalagi setelah lelah menyembelih dan menguliti serta beramal sholeh dalam memotong-motong daging dan tulangannya, membungkus serta membagikan kepada tetangga, fakir miskin, kepada orang yang minta maupun orang yang tidak minta, tentu saja para pekerja, panitia dan jamaah yang ikut andil dalam pemotongan hewan qurban merasa lapar dan capek. Untuk meningkatkan stamina dan semangat dalam beramal sholih, maka hidangan sate dan gule serta minuman segar bisa menambah semangat para jamaah untuk terus beramal sholih. 

Ternyata disamping pahalanya besar, hewan qurbanpun boleh dimakan oleh kita yang berqurban, yuuuk…… kita berqurban untuk hidup kita yang lebih baik dan diberi kebarokahan.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s