KH. Abdul Syukur Taufik, dalam khutbah Idul Adha di lapangan parkir Masjid Al-Manshurin, Jl. Langsep Raya, Patrang, Jember 

LDII Jember, 5 Oktober 2014

Semangat berkorban di hari berlimpahnya pahala “IDUL QURBAN” 1435H, 5 Oktober 2014 bukan sekedar meneladani pengorbanan Nabiyulloh Ismail AS, termasuk perintah Rosululloh SAW, khotaman Nabiyyin, penutupnya para Nabi sampai akhir zaman. Rosululloh SAW bahkan melarang kepada umatnya agar tidak mendekati tempat sholat manaka manusia yang mampu untuk berkurban tetapi tidak melaksanakan kurban. Rosululloh SAW menekankan bahwa tidak ada amalan dengan pahala yang lebih baik dihari Idul Adha selain mengalirkan darah kurban. Sahabat sempat bertanya,
Sahabat:  apakah orang yang jihad fisabilillah ya Rosululloh?
Rosululloh : tidak juga orang yang jihad fisabilillah, kecuali orang yang dia berjihad dengan membawa seluruh hartanya dan dia pulang tinggal nama (mati)

Ketua DPD LDII Kabupaten Jember, Ir. Sunardi, MT menyebutkan bahwa pada tahun 2014 ini, DPD LDII Kabupaten Jember menyembelih 51 ekor sapi dan 137 ekor kambing. Alhamdulilah, semangat berkurban jamaah masih demikian tinggi, ini semua berkat penyampaian ilmu yang difahami oleh jamaah. Ketaqwaan sebagaimana yang telah Alloh janjikan kepada hambanya bahwa Alloh menerima kurban sebelum darah jatuh ke bumi. Alloh juga menjanjikan bahwa hewan kurban akan menjadi penghalang atau tameng kepada hambanya yang berkurban. Alloh juga menulis kebaikan dari setiap helai bulu baik yang kasar maupun yang lembut. Alloh juga membentangkan lipatan pahala atas ketaqwaan muslim yang ihlas dalam berkurban. Walaupun demikian, Alloh memberikan keleluasaan untuk memakan sebagian daging kurban serta berbagi kepada orang yang minta dan tidak meminta.
Betapapun mahalnya hewan kurban, dengan semangat rela mengorbankan kepentingan pribadi dan golongan niscaya kita dapat berbagi serta menjalin tali persaudaraan dengan berbagi daging kurban terutama untuk fakir miskin dan orang-orang disekeliling kita lebih jauh lagi tali persaudaraan sesama muslim, sesama anak bangsa untuk Indonesia tercinta. Dengan semangat berkurban kita kokohkan ukhuwah Islamiyan dalam naungan Pancasila dan UUD 1945 untuk NKRI harga mati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s