Diklat Jurnalistik Lanjutan, Peran LDII di Tengah Trennya Berita Negatif

Jember, 31 Mei 2014

Drs. H. Budiyono, M.Si, mewakili Ketua DPW LDII Jawa Timur dalam pembukaan Diklat Jurnalistik Tingkat Lanjutan di Kabupaten Jember menyampaikan bahwa peranan media dalam mendukung kinerja organisasi sangat penting sebagai kontrol program-program organisasi.

Diklat jurnalistik tingkat lanjut ini merupakan program LDII Jawa Timur sebagai rangkaian program kegiatan tahun 2014. Diklat Jurnalistik lanjutan ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif dan memberikan berita positif di masyarakat ditengah maraknya pemberitaan yang negatif. Contoh saja ketika ada berita tentang seorang guru melakukan tindakan pelecehan seksual maka berita itu sangat laku, atau ada seorang pejabat melakukan tindakan korupsi maka berita tersebut akan sering dan banyak ditayangkan di media TV maupun koran, berita pembunuhan, berita penganiayaan, berita perselingkuhan, berita penghakiman massal dll yang sebenarnya itu adalah berita negatif yang ternyata justru sangat laku dibaca dan ditonton masyarakat.

Tantangan LDII di tengah maraknya budaya korupsi para pejabat dan berita negatif menjadi booming di media justru harus bisa disikapi dengan baik terlebih harus bisa membuat berita-berita positif justru harus bisa menjadi berita yang ditunggu-tunggu, sehingga menjadi pilihan berita dari maraknya berita, contohnya memberitakan pejabat yang tidak korup ditengah-tengah maraknya pejabat korupsi, sehingga masyarakat membacanya kok bisa, dijaman seperti ini ada pejabat yang bersih dan tidak korup. Contoh lagi berita betapa kukuhnya seorang tokoh mempertahankan keimanan ditengah rusaknya pergaulan bebas seperti kampung doly. Berita-berita positif untuk membangun budaya kerukunan dan solidaritas yang menjadi ciri khas budaya bangsa yang santun, berbudi pekerti yang baik, dan bisa menjadi suritauladan kepada masyarakat terutama generasi muda.

Dari itu pelatihan Jurnalistik tingkat lanjut DPW LDII ini mengambil tema “Mencetak Karakter Jurnalis Profesional dan Religius.” Diharapkan dengan pelatihan ini disamping bisa memberikan wawasan kewartawanan yang profesioan juga tetap memegang teguh kaidah-kaidah keimanan sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasululloh SAW (Religius).

Diklat jurnalistik tingkat lanjut ini diikuti oleh 8 kabupaten/kota di wilayah se eks-karesidenan besuki meliputi Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sidoarjo. Kenapa ditempatkan di Jember, karena Jember disamping secara jarak adalah ditengah-tengah, DPD LDII Jember ternyata telah bekerjsama dengan media bahkan telah beberapa kali melaksanakan pelatihan yang serupa.

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Pembukaan Diklat Jurnalistik Tk Lanjut. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s