Pimred, Winardi Tekankan Disiplin Wartawan Radar

Jember, 1 Juni 2014

Winardi Nawaputra, pimpinan redaksi Radar Jember menekankan kedisiplinan untuk menjadi wartawan dalam memenuhi kebutuhan berita, seorang wartawan harus siap bekerja keras dengan kedisiplinan yang tinggi. Radar Jember merupakan media cetak yang terbit setiap hari, sehingga wartawan harus mampu meyiapkan segala sesuatu yang akan menjadi berita yang mampu memberikan informasi kepada seluruh pembacanya, tentu saja dengan isi berita yang baik dan berimbang, dengan gambar yang baik dan narasumber yang falid dengan memenuhi standar berita yang baik pula. Demikian Winardi menggambarkan kepada peserta pelatihan jurnalistik DPW LDII yang dilaksanakan di kantor DPD LDII Kabupaten Jember dengan peserta dari 8 kabupaten/kota di wilayah Jawa Timur. Boleh jadi menjadi wartawan harus suka begadang malam serta tidur tidak teratur adalah hal yang biasa terutama bagi Radar Jember yang harus cetak berita setiap hari. Berita harus uptodate, dengan sumber berita yang juga harus dipercaya, tidak jarang ketika mencari berita kami harus berkejaran dengan waktu, pikiran, tenaga bahkan harus siap dengan kondisi lapangan yang berat. Untuk mendapatkan wawancara langsung juga demikian, ada etika dan kode etik jurnalistik yang harus dijalankan, tidak jarang kami harus menghubungi dan meminta persetujuan narasumber guna keperluan sumber berita.

Winardi bercerita bahwa proses dirinya hingga sekarang dipercaya menjadi Pemimpin Redaksi melalui proses yang tidak mudah, dia bersyukur karirnya dimulai dari bawah. Antara pemula dan senior dalam kewartawanan tidak menjadi penting adanya, justru kedisiplinan dan kesabaran dalam mencari berita sangat penting adanya, terlebih dengan sering menulis dan terus menulis akan sangat membantu tentu saja dengan bimbingan dan arahan serta kerjasama tim.

Menanggapi pertanyaan masih saja ada wartawan bodrex yang suka meminta imbalan dan intimidasi, Winardi meyakinkan bahwa wartawan bodrex harus kita perangi bersama-sama dengan cara tidak sekali-kali memberikan sesuatu kepada mereka, apalagi yang mengaku-ngaku wartawan dengan intimidasi publikasi lewat berita yang belum jelas. Winardi juga menyampaikan kalau kita benar kita tidak perlu takut dengan wartawan bodrex. Justru pemberitaan yang tidak benar apalagi melanggar hukum, bisa dipidanakan.

Winardi merespon kader-kader terbaik yang siap, dengan kemampuan yang tinggi dalam kerja tim dan pekerja keras juga terbiasa kurang tidur tapi kondisi fisiknya kuat untuk bergabung menjadi wartawan Radar Jember.

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Disiplin Wartawan, Winardi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s