Bakesbangpol Berdayakan Peran Ormas dan LSM untuk Membangun Jember

Bakesbangpol Jember ajak Ormas dan LSM di Jember berdayakan perannya untuk bersama membangun karakter bangsa untuk mewujudkan NKRI Jaya. Harapan yang dilontarkan oleh Drs. Widi Prasetya saat membuka Diskusi/Dialog ormas dan LSM se Kabupaten Jember (10/12) di Hotel Palm Jember. Widi membayangkan Indonesia sebagai negara yang besar dan jaya ini pernah juga berjaya di zaman Sriwijaya dan Majapahit, tetapi keduanya hancur dan lenyap ditelan bumi. Pertanyaan Widi apakah NKRI juga akan seperti Sriwijaya dan Majapahit? Dilema perpolitikan di Indonesia memungkinkan akan hal itu. Widi lebih lanjut menjelaskan bahwa Indonesia memiliki tiga elemen yang harus bisa bersama mewujudkan Indonesia yang kuat, yaitu:

  1. Pemerintahan yang baik, sehat, adil yang terdiri dari pejabat pemerintahan baik edukatif, legislatif maupun yudikatif.
  2. Suprastruktur, yang didalamnya terdiri dari organisasi kemasyarakatan dan LSM
  3. sub suprastruktur, widi memasukkan didalamnya ada tokoh masyarakat, tokoh agama, ulama tokoh adat dan budaya serta lainnya

Sejumlah organisasi keagamaan, kemasyarakatan dan LSM hadir dalam acara tersebut. Kesbangpol menghadirkan narasumber dari praktisi pendidikan yaitu, Drs. Andang Subaharianto dan Fendik, SH, MH.

Moderator, Widarto dalam mengantar diskusi menyampaikan bahwa Negara Indonesia diibaratkan sebuah rumah besar yang didalamnya terdapat beberapa elemen yang harus bisa saling melengkapi untuk menjadikan rumah itu bukan hanya indah tapi juga kokoh sekuat beton.

Diskusi yang bertemakan “Wawasan Kebangsaan Sebagai Landasan Gerak, Fungsi Peran Ormas dan LSM” sebenarnya perlu menjadi agena rutin dari Kesbangpol, namun sayangnya apa yang diharapkan bisa menjadikan masukan dan memberikan suatu gagasan dan usulan tidak didukung dengan narasumber dari tokoh pemerintahan, jelas salah satu audien, bahkan bapak kepala Bakesbangpol sendiri meninggalkan tempat setelah secara resmi membukanya. Paling tidak kedepan dapatnya tokoh pemerintahan seperti Bupati barangkali dapat dihadirkan sehingga peranan ormas dan LSM bisa secara gamblang dapat bertatap muka dengan Bupati atau tokoh pemerintahan yang lain.

Berikut dokumentasinya:

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Kesbangpol & Ormas, LSM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s