Perayaan Idu Adha atau Idul Kurban tidak lepas dari penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, kerbau, kuda atau unta atau hewan yang memang dihalalkan untuk dijadikan hewan kurban dengan ketentuan yang sudah ada didalam hadits Rosululloh SAW. 

Kita sebagai umat Islam wajib bersyukur karena ibadah kurban adalah ibadah yang sangat besar pahalanya, sehingga pintu kebaikan untuk jalan menuju surga terbuka lebar. DPD LDII Kabupaten Jember bersyukur bahwa tahun ini mengalami peningkatan penyembelihan hewan kurban. Kekuatiran akan mahalnya hewan kurban ternyata tidak menyurutkan niat warga LDII untuk melaksanakan ibadah kurban. Di Jember kisaran harga sapi antara 10 juta sampai 25 juta per ekornya, perbandingannya jika tahun lalu harga 10 juta pada tahun ini mencapai 14 jutaan naik sekitar 4 juta. Sedangkan harga kambing berkisar antara 1,5 juta sampai 4 juta perekornya, dengan perbandingan jika tahun lalu harga 1,2juta sekarang 1,5 juta naik 3 juta. 

     Jumlah hewan kurban yang dikumpulkan warga LDII Kabupaten Jember tahun 2013 ini tergolong sudah maksimal dengan harga hewan kurban yang lumayan mahal yaitu 51 ekor sapi dan 128 ekor kambing bila dirupiahkan, terang wakil ketua DPD LDII Kabupaten Jember, DR. Ir. Miswar, MSc. Motivasi DPD LDII Kabupaten Jember kepada warga LDII sebagai menetapi sunnah yang dikuatkan dan mengiktui perintah Alloh SWT dalam Al Qur’an surat Al Kautsar:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka sholatlah (Hari Raya Idul Adha) karena Tuhanmu dan sembelihlah kurban”

2.    Kurban adalah amalan yang paling dicintai Allah di Hari Raya Idul Adha

مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ مِنْ عَمَلٍ أَحَبَّ إِلَى اللهِ مِنْ إِرَاقَةِ الدَّمِ، وَإِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُوْنِهَا وَأَظْلاَفِهَا، وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى اْلأَرْضِ فَطَيِّبُوْا بِهَا نَفْسًا. (الْخَبَر)

“Tidaklah beramal seseorang di Hari Idul Qurban suatu amalan yang lebih dicintai Allah daripada mengalirkan darah (berkurban). Sesungguhnya dia (hewan kurban) kelak akan datang di hari Kiamat beserta tanduk-tanduknya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya darah qurban akan sampai di di sisi Allah sebelum jatuh ke bumi. Maka perbagusilah diri kalian dengan qurban tersebut”.

3.    Hewan kurban nanti akan menjadi kendaraan di akhirat saat melintasi shirot di atas neraka.

عَظِّمُوْا ضَحَايَاكُمْ فَإِنَّهَا عَلَى الصِّرَاطِ مَطَايَاكُمْ (الْحَدِيْث)

“Perbesarlah hewan-hewan qurban kalian, karena sesungguhnya dia di atas shirot (jembatan di atas Jahannam) kelak menjadi kendaraan kalian

4.    Meniru kelakuan para Nabi, terutama Nabi Muhammad SAW.

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ : ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ الْكَرِيْمَةِ وَسَمَّى وَكَبَّرَ وَوَضَعَ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا. (الْحَدِيْث)

Dari sahabat Anas RA, Nabi SAW berqurban dengan dua kambing kibas yang bagus dan bertanduk, beliau menyembelih keduanya dengan tangan beliau yang mulia, membaca basmalah, bertakbir dan meletakkan kaki beliau di atas rusuk keduanya.

5.   Mendapat ampunan dan kebaikan dari setiap helai rambut hewan yang dikurbankan

6.    Kurban sebagai hijab/tameng dari api neraka

مَنْ ضَحَّى طَيِّبَةً بِهَا نَفْسُهُ مُحْتَسِبًا ِلأُضْحِيَتِهِ كَانَتْ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ.

“Barang siapa berqurban dengan hati yang baik, hanya mengharapkan pahala Allah dari kurbannya

maka itu akan menjadi hijab/tameng dari neraka.

  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s