Ketua MUI Kabupaten Jember Lepas Relawan LDII Tebar Daging Qurban ke Dusun Mojan Bintoro

Ketua MUI Kabupaten Jember, Prof. Dr. KH. Halim Soebahar, MA melepas relawan muda LDII membagikan daging qurban ke warga dusun Mojan Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang.

Bertempat di halaman masjid Al-Manshurin Jember (16/10) disaksikan oleh muspika kecamatan Patrang dan MUI Kecamatan Patrang, Sekertaris DPD LDII menyerahkan bendera LDII sebagai tanda persiapan pelepasan relawan muda LDII menebar daging qurban menuju dusun Mojan yang jaraknya kurang lebih 5km dari masjid Al-Manshurin. Dusun Mojan merupakan salah satu wilayah Kecamatan Bintoro diujung paling barat sebelah utara dan merupakan dusun yang terletak di perbukitan dengan jumlah warganya sekitar 280 jiwa dan hidup dalam ekonomi menengah kebawah. Komunitas warganya berbahasa Madura, demikian setelah dikonfirmasi oleh kepala lingkungan Mojan, Babun.


Rangkaian kegiatan tebar daging qurban ini adalah program sosial berkelanjutan yang dilaksanakan oleh DPD LDII Kabupaten Jember dalam rangka berbagi kebahagiaan di hari Idul Adha (hari menyembelih hewan kurban). Seperti yang dikatakan wakil ketua DPD LDII Kabupaten Jember, DR. Ir. Miswar, M.Sc, warga LDII Kabupaten Jember tahun ini menyembelih 51 ekor sapi dan 128 ekor kambing. Demikian pula yang disampaikan ketua panitia terbar daging kurban yang dilaksanakan di dusun Mojan Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Sementara dalam sambutannya, sekertaris DPD LDII Kabupaten Jember, A.Malik Afandi, SP yang mewakili Drs. Sunardi, MT yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji menyampaikan bahwa tebar daging qurban itu merupakan rangkaian multi event di Jember, DPD LDII Kabupaten Jember memandang bahwa disekitar kita masih banyak warga yang mungkin belum pernah memakan daging, sehingga dihari qurban ini kita bersama saling berbagi kebahagiaan merayakan Idul Adha dan kesempatan tahun ini bertempat di dusun Mojan.

Dalam waktu bersamaan Sekretaris DPD LDII Jember, Akhmad Malik Afandi, SP lewat sambutannya menuturkan bahwa acara tebar daging qurban ini melibatkan 35 motor dan 110 pemuda LDII menuju Dusun Mojan Kelurahan Bintoro. Sengaja kami langsung terjun ke rumah penduduk karena budaya selama ini adalah masyarakat yang harus mengantri datang ke masjid, tetapi dengan model jemput bola ini, maka masyarakat yang membutuhkan/dhuafa tidak perlu repot repot antri dan datang membawa kupon. Berkorban yaitu sebuah kerelaan untuk berani mengalah, mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan, sanggup mereduksi perbedaan dan selalu menjaga kerukunan dan keharmonisan hubungan baik antar sesama yaitu antar suku, agama, ras maupun golongan Alhamdulillah Tahun ini DPD LDII Jember menyembelih 51 ekor sapi dan 125 ekor kambing. Semua sudah kami distrisbusikan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Jember. Malik menyampaikan bahwa acara yang bertajuk “Dengan Semangat Idul Qurban 1434 H, Kita Korbankan Kepentingan Pribadi dan Golongan Guna Terwujudnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa” 

Ketua MUI Kabupaten Jember, Prof. Dr. KH. Halim Subahar, MA dalam sambutannya sangat merespon baik kepedulian sosial LDII dengan kegiatan-kegiatannya supaya terus dilanjutkan karena ini merupakan dakwah sosial yang harus dilakukan

Beliau memberi apresiasi yang luar biasa pada LDII dengan berbagai acara seperti tebar daging qurban tahun ini, karena ini adalah bentuk dakwah bil hal yang diberikan LDII pada masyarakat. Selain itu Halim berharap acara ini juga bisa memjadi inspirasi bagi ormas lain sehingga Hari Raya Idul Adha ini bukan Cuma berdimensi vertical tetapi juga berdimensi horizontal. Dimensi vertical artinya dengan menyembelih hewan qurban, ada nilai ibadah dan pahalanya, dan dimensi horizontal dengan berkurban akan mampu meningkatkan kesetiakawanan sesama muslim, karena masih banyak saudara kita yang menganggap bahwa makan daging adalah sesuatu yang langka, sehingga lewat Hari Raya Idul Adha ini kesempatan kita berbagi kebahagiaan dengan mereka.
Guru Besar STAIN Jember itu juga berharap kepada Camat Patrang dan Muspika yang saat itu hadir dalam kegiatan LDII ini hendaknya dapat didukung penuh oleh Muspika jajarannya sehingga keberadaan LDII dengan program-program sosialnya akan betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Tebar Daging Kurban. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s