Hai Manusia….. Hormati Ibumuu….

Sadarilah wahai manusia… dunia ini semakin tua, dan umur manusia ada batasnya dan mati pasti akan menimpanya, tapi setelah mati akan ada pertimbangan amal baik dan amal buruk kehidupan yang kekal adanya di alam akhirat dimana hanya ada dua tempat yaitu surga atau neraka.

Lagi menjadi tren di situasi global saat ini, pengaruh western (budaya barat) pada kaum muda, dimana nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sangat jauh menyimpang dari aturan agama Islam. Akhlak manusia semakin rusak mengikuti langkah-langkah syetan yang ditandai dengan hilangnya rasa malu, rasa hormat, tidak adanya sopan santun, anak berani dengan orang tua, anak muda tidak lagi menghargai orang yang lebih tua, banyak terjadi perilaku amoral seperti tawuran, pemerkosaan, penyalahgunaan obat terlarang dan lain sebagainya.

Tirmidzi meriwayatkan :
Ketika harta jarahan diambil sebagai putaran ( tidak dibagi sesuai dengan peraturan yang ada ), dan amanat sebagai jarahan, dan membayar zakat karena terpaksa, dan ilmu dipelajari selain untuk agama, dan seorang laki- laki taat kepada istrinya, dan seorang anak berani melukai ibunya, lebih dekat dengan temannya, dan menjauhkan diri pada bapaknya, dan lahirlah suara keras di dalam masjid, dan yang memimpin pada golongan adalah fasiq2nya mereka, dan pemimpinnya kaum lebih asornya mereka, dan dimuliakan seorang laki2 karena takut kejelekannya, dan lahir beberapa penyanyi wanita, dan beberapa alat2 lahan, dan telah diminum minuman keras, dan mendoakan laknat akhirnya umat ( generasi muda ) kepada awalnya umat ( generasi tua ), maka di saat demikian hendaklah menunggu angin merah dan gempa dan ambles dan jelmaan dan lemparan batu dari langit dan tanda2 ( siksaan) yang berturut2 seperti rentengan permata yang rusak, yang diputus benang2nya maka berturut2lah siksaan itu.

Maka kita manusia yang beriman supaya senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, memperbanyak syukur dan ibadah kepada Allah serta selalu mencari peluang untuk dapat meningkatkan derajat di surga dengan menertibkan ibadah dan menjauhi segala larangan. Kita harus menyadari bahwa kita lahir didunia melalui perantara kedua orang tua, dengan berbakti kepada kedua orang tua dapat meningkatkan derajat kita di hadapan Allah.

Berbuat baik kepada kedua orang tua akan mendapat pahala yang sangat besar membandingi jihad fi-sabilillah sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

  سَأَلْتُ النبي صلى الله عليه وسلم: أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ؟ قَالَ : الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ ؟ قَالَ : ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ ، قُلْتُ : ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ ثُمَّ الْجِهَادِ فِي سَبِيْلِ اللهِ قَالَ : فَحَدَّثْنِي بِهِنَّ وَلَوِ اسْتّزَدْتُهُ لَزَادَنِى  
Dari Abdullah Bin Mas’ud berkata: Aku bertanya kepada Nabi SAW, “Manakah amal-amal yang paling utama?” Nabi menjawab, “Shalat pada waktunya.” Aku berntanya lagi, “Kemudian apa Nabi?” Nabi menjawab, “Berbuat baik kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi, “Kemudian apa Nabi?” Nabi menjawab, “Jihad di dalam agama Allah.”
 رِضَا الرَّبِّ فِي رِضَا الْوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ 
Dari Abdullah Bin Amer, dari Rasulullah SAW bersabda, “Keridlaan Allah ada pada keidlaan orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan orang tua.”
Bang Haji Roma Irama si Raja Dangdut Membuat Lagu yang dibawah ini dilantunkan oleh Bu Nyai Evi Tamala berikut :


Hai manusia, hormati ibumuYang melahirkan dan membesarkanmu
Darah dagingmu dari air susunyaJiwa ragamu dari kasih-sayangnyaDialah manusia satu-satunyaYang menyayangimu tanpa ada batasnya
Doa ibumu dikabulkan TuhanDan kutukannya jadi kenyataanRidla Ilahi karena ridlanyaMurka Ilahi karena murkanya
Bila kau sayang pada kekasihLebih sayanglah pada ibumuBila kau patuh pada rajamuLebih patuhlah pada ibumu
Bukannya gunung tempat kau memintaBukan lautan tempat kau memuja
Bukan pula dukun tempat kau menghibaBukan kuburan tempat memohon doaTiada keramat yang ampuh di duniaSelain dari doa ibumu jua

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Hormati Ibu. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s