kompasiania.com gerah Pemberitan Voa-Islam

Cuplikan berita : http://media.kompasiana.com

Dalam ranah permasalahan informasi, Islam memberikan sebuah solusi yang dapat menghindari manusia dari sikap yang salah langkah dalam menyikapi sebuah informasi, sebagaimana yang tertuang dalam surat Al Hujuraat, surat ke-49 ayat 6  :
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti (fatabayyanuu…) agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”(QS. Al Hujuraat, 49 : 6)
Oleh karenanya, cross check dan klarifikasi (tabayyun) harus terus menerus diupayakan oleh media informasi sehingga yakin dengan validitas informasi yang didapat. tidak boleh tergesa-gesa untuk menyiarkan semua informasi yang ia dapat dari saksimata atau sumber berita, dalam kondisi apapun.
Dalam hal ini penulis menemukan kejanggalan sikap media online voa-islam.com yang sudah mulai membeo dengan saudaranya Eramuslim. Media Online ini mengatas namakan dirinya sebagai media islam tapi sangat disayangkan banyak pemberitaan dari media ini yang jauh dari nilai-nilai islam. Kadang informasi yang disampaikan bersifat ambigu bahkan penuh tendensi dan fitnah dikalangan umat islam. Wajar saja jika saya menjadikan Voa-Islam sebagai situs islam yang “Perlu Diwaspadai” setelah Eramuslim. Karena nuansa “sakit hatinya” kental sekali terhadap golongan lain. Sehingga seringkali tidak adil dalam meriwayatkan/memberitakan sebuah berita. Voa-Islam telah terperosok pada situasi fasik, karena selentingan, kabar burung, rumor yang disampaikan sebagai sebuah kabar. Karena itu penulis mengingatkan institusi pers dan insan-insan muslim yang bekerja sebagai penyampai kabar, agar menyadari masalah ini. baca selengkapnya 

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Kompasiania Geram. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s