Hadiri Parenting Skill di Pendopo Kabupaten Situbondo

DPD LDII Kabupaten Jember (6/6) menghadiri Seminar Wanita Parenting Skill di Pendopo Kabupaten Situbondo.

Seminar yang diadakan oleh DPD LDII Kabupaten Situbondo (6/6) di laksanakan di Pendopo Kabupaten Situbondo dihadiri oleh Hj. Umi Kulsum (ketua TP PKK Kabupaten Situbondo), KH, Syaiful Muhyi (Ketua MUI Situbondo), Herry Suyanto (Kepala Bakesbanglinmaspol).

Seminar wanita dengan tema “Orang Tua Bijak Berperilaku, Anak Meniru Sepenuh Hati” dihadiri sekitar 300 orang dan sebagai pembicara utama. Hj. Sri Tresnahati Ashar, MSI. Lebih lanjut mertua artis Marshanda ini memaparkan bahwa :

Komunikasi orang tua dan anak adalah kunci dari pola pengasuhan. Setidaknya terdapat lima pola pengasuhan, antara lain otoriter, permisif, menang-kalah, neglecting (mengabaikan), dan otoritatif. Pola otoritatif adalah pola ideal karena mengedepankan prinsip-prinsip demokratis dan dialogis. Komunikasi semacam ini mendorong anak untuk bisa tumbuh dan berkembang secara wajar, memiliki rasa tanggung jawab, bisa menghormati dan menghargai orang lain, serta bebas berninisiatif (banyak akal).
Komunikasi orang tua dan anak patut memperhatikan tiga hal yakni, pikiran, perasaan dan perilaku. “Orang tua perlu membiasakan menerima perasaan anak akan membuat anak merasa dipahami,” 
Tiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda, meskipun itu antara orang tua dan anak.
Pada akhirnya, peserta diharapkan bisa mereview konsep yang telah dipaparkan dalam workshop. Untuk selanjutnya bisa menyusun rencana tindak lanjut (action plan) dalam strategi berkomunikasi positif dengan anak setibanya mereka ke tempat asal masing-masing.


Parenting skill digelar untuk memberikan pemahaman kepada orang tua, lebih khusus kepada ibu tentang pentingnya mendidik anak sejak usia dini.disamping itu, orang tua bisalebih efektif dalam mendidik putra putrinya, disertai dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang cara berkomunikasi prkatis dengan anak-anak.

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in di Pendopo Situbondo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s