Subiantoro, Sang Reporter RRI

Media jurnalistik yang sedang dibangun melalui pelatihan diklat jurnalistik (23-24) Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Jember kepada kader-kader mudanya ternyata menumbuhkan semangat baru peserta diklat jurnalistik. Materi-materi jurnalistik seperti sistematika penulisan beserta sederet prestasi liputan serta tulisan yang berbobot dari pemilik nama Oryza Ardyansyah peliput beritajatim.com

Sederet pengalaman wawancara seorang reporter Radio Republik Indonesia (RRI) Kabupaten Jember, Subiantoro, yang konon pernah ditugaskan peliputan di sederet negara konflik, Istambul, Bosnia, dan beberapa negara Timur Tengah tak terkecuali liputan haji di Mekah & Madinah. Hidup berkecimpung di dunia reporter sangat bersyukur bisa ditugaskan di Jember, betapa dia merasakan pengalaman yang sampai saat ini selalu membayangi. Tugas setingkat manager RRI di wilayah Entikong, kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia boleh jadi hampir sama tingkatnya sebagai staff di Jember, kata Subiantoro. Saat itu tingkat kehidupan yang serba kurang, jauh dari pemukiman, hampir semua bahan pokok mempunyai nilai yang jauh lebih mahal dibandingkan di Jember, terang Subiantoro. Namun yang lebih memilukan adalah tempat ibadah (Masjid) yang letaknya sangat jauh dan sedikit di Entikong sana menjadi kendala yang sangat mendalam, mayoritas penduduk yang memeluk agama katolik menjadikan wilayah entikong boleh jadi sulit menemukan Masjid.

Yang terkesan sangat baik dan enak dalam tugasnya menjadi reporter, adalah saat ditugaskan di Jepang dan Arab Saudi, terang Subiantoro. Walaupun terkendala dengan bahasa karena penyiraran RRI adalah berita yang ada disana di kirimkan baik melalui rekaman suara maupun tulisan yang dikirimkan via email. Apalagi bersama teman-teman yang memang sudah ada pengalamannya, terlebih pelayanan dan reward dari pemerintah setempat yang cukup, tambah Subiantoro. Subiantoro yang pernah di rawat di Rumah Sakit Panti Wiloso Citarum dan dirujuk ke RSUP Kariyadi, Semarang korban pelemparan batu saat berada di Kereta Api (KA) Gumarang jurusan Surabaya-Jakarta pada Senin malam (9/7/2012)

Subiantoro kini jadi ketua delegasi RRI Jember dalam lomba penyiaran RRI se-Indonesia yang dilaksanakan di Jambi, mohon dukungan dan doa dari semua peserta diklat jurnalistik LDII guna dapat mempertahankan juara. Sekaligus setelahnya mengisi materi akan pamit bersama rekan-rekan sejawatnya untuk terbang ke Jambi.

Ok, pak Subiantoro, kami segenap pengurus DPD dan seluruh peserta diklat turut mendoakan semoga dalam perjalanan diberi kemudahan-kelancaran-dan dapat mempertahankan gelar juara. Soo…. sukses selalu buat RRI Jember.

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Sang Reporter RRI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s