Oryza Ardiansyah Wirawan, wartawan beritajatim.com berdomilisi di Jember.

Salah satu nara sumber dalam diklat jurnalistik yang Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Jember yang dibuka oleh Ketua PWI Jember tersebut telah banyak meliput berita dan menjadi salah satu wartawan beritajatim.com. Oryza yang meraih juara II dalam tulisannya yang berjudul “Lumbungisasi di Lumbung Beras Jatim” pada lomba wartawan media cetak, online, radio dan televisi pada event lomba yang diadakan oleh Bank Indonesia meliputi wilayah kerja BI Surabaya, Kediri, Malang dan Jember (16/12/2012).

Pengalamannya dalam dunia kewartawanan, mau berbagi ilmu dan pengalaman kepada seluruh peserta diklat DPD LDII Kabupaten Jember. Duduk bersama 80 peserta diklat kiriman dari 26 PC LDII dan perwakilan Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi dan Lumajang. Prestasinya yang membawa dia diberi penganugerahan juara II bisa berjabat tangan dengan Pakde Karwo, idolanya yang saat ini sebagai Gubernur Jawa Timur.

Mengidolakan Pakde Karwo tidak terlepas dari komitmen Pakde Karwo untuk memajukan Jawa Timur dan selalu memberi ruang kepada wartawan dalam peliputan dan wawancara khusus.

Wartawan yang katanya pernah mual saat menjajal penerbangan dari Bandara Notohadinegor Jember yang masih belum jelas lagi kapan ada jadwal penerbangan selanjutnya tersebut menyampaikan bahwa menjadi seorang jurnalis itu harus bisa menulis dengan kebenaran berita, nara sumber, observasi dan riset. Terkait dengan penulisan berita, seorang jurnalis harus terjun langsung ke tempat kejadian perkara (TKP) sumber berita, observasi dan wawancara dengan nara sumber, objek berita, dan pelaku-pelaku serta saksi-saksi yang mengetahui persis kejadian serta lingkup peristiwa.

Sebuah berita jika disajikan haruslah memuat nilai berita di dalamnya. Nilai berita itu mencakup beberapa hal, seperti berikut.
  1. Objektif: berdasarkan fakta, tidak memihak.
  2. Aktual: terbaru, belum “basi”.
  3. Luar biasa: besar, aneh, janggal, tidak umum.
  4. Penting: pengaruh atau dampaknya bagi orang banyak; menyangkut orang penting/terkenal.
  5. Jarak: familiaritas, kedekatan (geografis, kultural, psikologis).
Lima nilai berita di atas menurut Oryza sudah dianggap cukup dalam menyusun berita. Sementara untuk membantu peserta bisa menulis berita yang bagus diharapkan dapat memenuhi salah satu kriteria yang menurut Oryza cakap untuk diberitakan, yaitu:
  • isi berita yang unik,
  • berita yang luar biasa,
  • birita yang langka,
  • sesuatu yang dialami/dilakukan/menimpa orang (tokoh) penting,
  • sedang di gandrungi publik,
  • yang tersembunyi,
  • sesuatu yang sulit untuk dimasuki,
  • sesuatu yang tidak umum diketahui,
  • pemikiran dari tokoh penting,
  • komentar/ucapan dari tokoh penting,
  • kelakuan/kehidupan tokoh penting, dan
  • hal lain yang luar biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s