Diklat jurnalistik (23/4) yang diselenggarakan oleh DPD LDII Kabupaten Jember secara langsung dibuka oleh ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Jember, Effendi.

Dalam mengawali sambutannya, Effendi menyampaikan suatu kehormatan dapat membuka diklat jurnalistik yang biasanya dibuka langsung oleh Ketua DPD LDII. Kesempatan yang sangat istimewa tersebut disampaikan didepan 26 utusan PC LDII se-Jember dan beberapa perwakilan dari Kabupaten Situbondo, Banyuwangi, Bondowoso dan Lumajang. Effendi berharap dengan diklat jurnalistik yang dilaksanakan DPD LDII Kabupaten Jember ini dapat menumbuhkan minat peserta diklat untuk menulis dan menjadi wartawan dilingkungannya masing-masing. Saya merasa bersyukur dapat hadir disini dan berkumpul bersama dengan warga LDII yang sebelumnya saya hanya mengenal beberapa orang saja, kini bisa berjumpa langsung dengan pengurus DPD LDII Kabupaten Jember, terang Effendi. 

Sementara dalam laporannya, ketua panitia diklat (Sofyan), menyampaikan motivasi DPD LDII Kabupaten Jember menyelenggarakan diklat bahwasanya media sekarang ini sedang ramai dan tren di masyarakat dengan istilah jurnalisme warga (citizen journalism) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Sofyan melaporkan bahwa diklat jurnalistik ini diikuti oleh 26 ke26 utusan PC LDII se-Jember dan beberapa perwakilan dari Kabupaten Situbondo, Banyuwangi, Bondowoso dan Lumajang. Sofyan mengucapkat terimaksih kepada suma narasumber (pemateri) yang telah berkenan siap membagikan ilmunya kepada peserta baik dari Ketua PWI (Effendi), Ketua MUI (Prof.KH. Halim Subahar), RRI, Oryza, dan semua panitia yang sudah berkenan membantu suksenya pelaksanaan diklat jurnalistik. Tak ada manusia yang sempurna, demikian yang telah kami lakukan sehingga manakala terdapat banyak kekurangan dan kekhilafan, mohon sekiranya dapata dimaafkan, terang Sofyan.

Dr. Miswar, M.Sc mewakili Ketua DPD LDII Kabupaten Jember Drs. Sunardi, MT yang kebetulan saat pelaksaan sedang sakit, menyampaikan kepada seluruh peserta untuk dapatnya menimba ilmu tentang jurnalistik ini yang memang sengaja di isi oleh pakar-pakar dibidang jurnalistik. Diharapkan setelahnya pelaksanaan para peserta dapat termotivasi untuk bisa menulis dan paling tidak mengerti, memahami dan setidaknya bisa berperilaku selayaknya seorang jurnalistik professional di lingkungannya masing-masing dan menjadi citizen journalism dalam skup wilayah masing-masing. Boleh jadi bisa menjadi nara sumber berita di wilayah masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s