POHON UKHUWAH "ICON PENGHIJAUAN LDII JATIM"

sumber : http://www.jatim.ldii.or.id/
Saya sangat bersyukur sekali dalam kesempatan kali ini bisa bertemu sekaligus bersilaturrohim dalam kegiatan penghijauan yang diprakasai oleh pimpinan-pimpinan lembaga dakwah dari MUI Jatim, LDII Jatim, PWNU Jatim, dan Muhammadiyah bisa guyub rukun bareng-bareng melaksanakan kerja nyata dalam  kaitannya tugas mulia menjadi rahmat bagi seluruh alam yaitu penghijauan yang dilaksanakan di kecamatan kendal, kabupaten Ngawi. Hal ini disampaikan wakil bupati Oni Anwar, ST saat memberikan sambutan dalam acara gerakan penghijauan penanaman akhir tahun DPW LDII Provinsi Jawa Timur di kecamatan Kendal, kabupaten Ngawi, (22/12).
Gerakan Penghijauan juga merupakan salah satu program Bupati kabupaten Ngawi yakni, Ngawi Ijo Royo-royo, gerakan 1 milyar pohon dan gerakan pohon asuh. Kita tidak hanya menanam saja akan tetapi kita juga memelihara, menjaga dan merawatnya sampai pohon itu tumbuh besar. Kalau lingkungannya jadi asri, lingkungan jadi nyaman,  bekerjanya jadi nyaman Insya Allah rejekinya juga tambah, imbuhnya.
Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, kerjasama yang diawali antara MUI Provinsi Jawa Timur dan DPW LDII Provinsi Jawa Timur melakukan penghijauan bersama pada tahun 2008. Penghijauan pertama dilakukan di kabupaten Jombang, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Madiun, dan terakhir ini di Kabupaten Ngawi.
Kemudian perkembangan berikutnya DPW LDII provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan IAIN Sunan Ampel Surabaya yakni melakukan fiqh lingkungan untuk mensosialisasikan masalah pengabdian kita didalam lingkungan. Sehingga ini menjadi ibadah ghairu mahdhah, amal jariyah ketika itu bermanfaat terhadap manusia.
Sementara itu, ketua DPW LDII Provinsi Jawa Timur Ir. H Chriswanto Santoso, MSc didalam sambutannya berharap gerakan penghijauan ini Insya Allah terus kita lakukan setiap tahunnya. “Kami menyadari yang kami sumbangsihkan sangat kecil, tapi kami berharap ini sebagai pemicu untuk penghijauan berikutnya bahwa masyarakat mempunyai kesadaran dalam rangka membangun dan menjaga pelestarian lingkungan,” ucap Chriswanto.
Salah satu pertimbangan memilih lokasi di kabupaten Ngawi yakni masyarakatnya cinta dengan lingkungan dan sampai saat ini tampak tumbuh hijau. “Pengalaman kami yang sudah kita tanam di tempat tidak hijau masyarakatnya tidak mau memelihara, akan tetapi di kecamatan kendal kabupaten Ngawi ini tampak hijau bukti bahwa masyarakat itu sudah terbiasa memelihara  tanaman,” imbuhnya.
Selain kegiatan penghijauan, DPW LDII Provinsi Jawa Timur juga melakukan kegiatan bedah rumah salah satu warga kecamatan kendal yang sekarang sedang mengalami sakit stroke. Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Timur KH. Abdusshomad Buchori didampingi ketua DPW LDII Provinsi Jawa Timur menyerahkan secara simbolis kunci hasil bedah rumah kepada Kades Kendal Bapak Harjito.
Acara ditutup dengan penanaman pohon bersama-sama dengan satu satu pohon yang disebut dengan pohon Ukhuwah. Semoga ini bisa menjadi contoh dan pemicu bagi kerukunan umat beragama.

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Penghijauan JATIM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s