Sosialisasi Koperasi Syariah BMT "NUANSA PERSADA"

Dinas koperasi Kabupaten Jember (16/2), memberikan sosialisasi dan penjelasan tentang koperasi Syariah Baitul Mal Watamwil (BMT) kepada ratusan warga LDII bertempat di gedung serbaguna atau aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Jember. Sebelumnya beberapa orang berencana mendaftarkan BMT “NUANSA PERSADA” ke Dinas Koperasi Kabupaten Jember. Secara panjang lebar Fendi, penggagas BMT “NUANSA PERSADA” mengatakan kepada peserta bahwa saatnya umat Islam di Jember memiliki BMT yang Islami dan terhindar dari bunga dan riba.

Perbandingan antara bank syariah dan bank konvensional adalah sebagai berikut:

Bank Islam
  • Melakukan hanya investasi yang halal menurut hukum Islam
  • Memakai prinsip bagi hasil, jual-beli, dan sewa
  • Berorientasi keuntungan dan falah (kebahagiaan dunia dan akhirat sesuai ajaran Islam)
  • Hubungan dengan nasabah dalam bentuk kemitraan
  • Penghimpunan dan penyaluran dana sesuai fatwa Dewan Pengawas Syariah
         Bank Konvensional
  • Melakukan investasi baik yang halal atau haram menurut hukum Islam
  • Memakai perangkat suku bunga
  • Berorientasi keuntungan
  • Hubungan dengan nasabah dalam bentuk kreditur-debitur
  • Penghimpunan dan penyaluran dana tidak diatur oleh dewan sejenis

Melaporkan pada Dinas Koperasi, Fendi menyampaikan bahwa sebagian besar anggota adalah para pedagang bakso, pedagan es krim keliling, dan pengusaha-pengusaha kecil lainnya.

Sementara dalam sambutannya, Dinas Koperasi menyebutkan di Jember ini dari 1560 nama koperasi/BMT yang terdaftar belum ada nama BMT “NUANSA PERSADA”. Perkembangan munculnya BMT di Jember sendiri yang masih eksis ada 7, itu berdasarkan kacamata koperasi. BMT “Pasar Tanjung” salah satu nama BMT yang telah berhasil dan melayani pasar Tanjung, pasar Kepatihan dan pasar Mangli. BMT Pasar Tanjung termasuk terbesar ke-3 setelah koperasi “Semen Gresik” dan koperasi “Telkom. Bagaimana tidak, koperasi “Semen Gresik” dibesarkan oleh seluruh warga dan koperasi “Telkom” dengan adanya perkembangan Teknologi dan daya pangsar Telekomunukasi yang besar di masayarakat, membawa keduanya menjadi koperasi yang semakin tumbuh besar. Koperasi yang besar lainnya adalah BMT “Sidogiri”, di Jember sendiri sudah ada 9 cabang dan perkembangannya luar biasa dengan dibawa oleh alumni-alumni pesantren Sidogiri. Pada tanggal 24 nanti akan mengadakan rapat anggota dan dihadiri oleh seluruh BMT “Sidogiri”. Dinas Koperasi Kabupaten Jember telah diundang dan akan menghadiri Rapat Anggota BMT “Sidogiri”.
Menanggapi penjelasan Fendi tentang calon anggota BMT “NUANSA PERSADA” dari pedanan bakso, bisa dimungkinkan BMT “NUANSA PERSADA” akan eksis, karena di hampir seluruh wilayah Indonesia pedangan bakso solo, wonogiri dan sekitarnya telah banyak berkembang pesat bahkan sampai mancanegara dan mendunia. Dinas koperasi menjelaskan secara panjang lebar tentang UU perkoperasian baik UU-25-1992 maupun UU-17-2012. Dinas koperasi siap memberikan pembinaan dan arahan secara berkala dan untuk mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi hanya dibutuhkan tanda tangan anggota 25 orang dengan bukti setoran ke BANK Syariah a.n. ketua sejumlah 25 juta. Selain itu supaya membuat Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Belanja Koperasi/BMT 1 tahun serta membuat Neraca awal/pendirian. Juga harus mencantumkan alamat kantor yang jelas.

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in BMT Nuansa Persada. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s