Ribuan pentakjiah yang datang dari berbagai lapisan masyarakat sekitar perumnas Patrang, muspika dan muspida Kabupaten Jember serta pengurus dan warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Jember mendatangi pemakaman KH.Suhartono. KH.Suhartono adalah seorang tokoh masyarakat yang dikenal sangat baik dan santun dilingkungannya di daerah Patrang Jember. Masyarakat sekitarnya mengenal beliau adalah seorang kiai LDII yang berani dan tegas dalam memperjuangkan dakwah Islam. 
Pendirian masjid Al-Manshurin yang terletak di Jl.Langsep Raya No.12 Patrang Jember termasuk hasil dari perjuangan KH.Suhartono demi tegaknya syiar dan dakwah Islam di kota Jember. KH.Suhartono lahir di Mojokerto pada tanggal 30 Desember 1944, nama lengkapnya KH. Rade Mas Ngabai Suhartono Joyo Atmojo, beliau anak ke-4 dari 6 bersaudara. Meninggal pada hari Senin,10 September 2012 di RS.dr. Soetomo Surabaya. Sebelum meninggal beliau berpesan untuk di makamkan di samping rumahnya yang persis didepan masjid Al-Manshurin Patrang Jember. Dalam pesannya kepada keluarga, anak-anak dan warga LDII keinginannya untuk dimakamkan di depan masjid dan samping rumahnya karena kecintaannya yang sangat besar pada masjid Al-Manshurin. 
Menanggapi wasiat dari almarhum, takmir masjid dan warga sekitar sangat bangga dan bersyukur atas permohonan dari KH.Suhartono. Beliau memang dikenal oleh warga LDII adalah sosok seorang Ulama dan tokoh yang kuat dalam menegakkan syiar Islam dan dakwah Islam. Banyak sekali ilmu dan nasehat-nasehat yang telah beliau tinggalkan kepada masyarakat sekitar dan khususnya warga LDII di Jember. 
Almarhum dikenal sebagai orang yang ahli sodaqoh dan suka membantu masyarakat. Abd.Rohim, ketua RW 15 lingkungan Krajan Patrang menuturkan bahwa warga ligkungan Krajan Patrang merasa turut berbela sungkawa dan merasa kehilangan seorang tokoh yang selalu membantu kebutuhan lingkungannya. 
KH.Suhartono yang juga mantan Kepala Sinder di PTPN-XXII dikenal oleh para kolegannya adalah sosok yang sangat berani, jujur dan bertanggungjawab serta supel dalam pergaulan baik dengan bawahan maupun dengan atasan. Semasa hidupnya beliau telah mengabdi pada PT Perkebunan Nusantara XXII dengan baik sehingga dimasa sakitnya beliau mendapat tanggungan sepenuhnya oleh PTPN-XXII dan dirawat di RS PTPN Kaliwates Jember. Atas rujukan dari dokter dan manager terkait Suhartono dibawa ke RS.dr.Soetomo Surabaya dan menghembuskan nafas terakhirnya di sana.
Advertisements

One thought on “Ribuan Pentakjiah Mengiringi Pemakaman KH.RMG.Suhartono Joyo Atmojo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s