"Go Green" Bersama Bupati Jember MZA Djalal : "Menanam Pohon Adalah Ibadah"

Ajakan gerakan menanam pohon yang dilakukan oleh DPD LDII Kabupaten Jember kepada warganya mengacu pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad :
seorang sahabat Rasulullah SAW, ”Saya mendengar Rasulullah SAW membisikkan pada telingaku ini, ‘Siapa menanam sebuah pohon kemudian dengan tekun memeliharanya dan mengurusnya hingga berbuah, maka sesungguhnya baginya pada tiap-tiap sesuatu yang dimakan dari buahnya merupakan sedekah di sisi Allah SWT’.” (HR Ahmad).




Rasulullah -Shallallahu alaihi wa sallam- bersabda,
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا‎ ‎أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ‏‎ ‎مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ‏‎ ‎بَهِيمَةٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ‏‎ ‎صَدَقَةٌ
“Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan pahala karenanya.” [HR. Al-Bukhoriy]

Manusia sebagai pengemban kekhilafahan di muka bumi harus menghormati eksistensi pohon. Sebagai penunjang kehidupan, pohon diamanahi Allah SWT mengatur siklus air, menyimpannya dalam pori-pori akar yang kokoh. Menghindarkan manusia dari bencana longsor dan banjir. Kehadiran pohon berguna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Buahnya lezat dimakan dan batangnya dimanfaatkan untuk membangun rumah. Daunnya untuk makanan ternak.


Melalui mekanisme hujan, pohon yang ditanam manusia tumbuh. Dan dengan itu Allah menumbuhkan buah-buahan dari pohon yang kita tanam sebagai rezeki bagi manusia. Sebagaimana firman Allah SWT, ”Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu Mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (QS al-Baqarah [2] : 22).


Tuntunan Islam memelihara pohon juga berlaku saat terjadi perang. Nabi Muhammad berkal-kali memesankan kepada para sahabatnya, dalam peperangan janganlah kalian membunuh wanita, anak-anak, dan jangan menebang/merusak tanaman (pohon).

Sementara itu dalam kegiatan penghijauan yang langsung dipimpin oleh Bupati Jember MZA Djalal (5/12) di lahan PTPN XII Kebun Mumbul, kelanjutan dari program nasional One Billion Indonesian Trees (Indonesia satu milliar pohon), Bupati Djalal, mengajak seluruh masyarakat Jember tanpa menunggu perintah, untuk segera menanam pohon. MZA Djalal mengajak seluruh masyarakat Jember untuk segera menanam pohon di mana saja, khususya di daerah-daerah yang gundul maupun di lereng lereng yang kosong, yang mengakibatkan rawan longsor, banjir. Dihimbau kepada camat dan kepala desa, untuk memobilisasii masyarakat melakukan penanaman pohon. Kegiatan penanaman pohon di lahan-lahan kritis dan rawan longsor atau lahan yang tidak dimanfaatkan dengan baik, seperti pekarangan dan tegalan, sebisa mungkin dilakukan dengan cara memilih jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomi, misalnya, sengon, mahoni, rambutan, dll. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun), Kabupaten Jember, Totok Harijanto, menambahkan, bahwa penanaman satu milyar pohon ini sebenarnya juga bisa dilakukan di lereng yang rawan longsor maupun lahan di pinggir sungai. Dishutbun Jember siap menyediakan bibit untuk dapat ditanam oleh masyarakat. Totok juga mengatakan, bahwa pemanfaatan sumber daya hutan secara optimal, akan dapat menjaga kelestarian dan fungsi hutan, selain juga dapat mengembangkan produksi dan peningkatan produktivitas hasil hutan. Totok juga mengakui, dalam program pemberian bibit pohon kehutanan tersebut masih banyak kendala, diantaranya kurangnya partisipasi masyarakat dalam hal pelestarian hutan yang dikarenakan tekanan kebutuhan ekonomi. 

Sementara itu  Ketua DPD LDII Kabupaten Jember, Drs. Sunardi, MT menegaskan kembali bahwa LDII sudah mengagendakan secara rutin pada setiap musim penghujan untuk melaksanakan penghijauan khususnya di kabupaten Jember. Sunardi mengatakan bahwa pada Jum’at (2/12) bersama RRI Jember telah bersama-sama melakukan penghijaukan di Rambigundam Kecamatan Rambipuji. Selang dua hari (4/12) di kecamatan Kalisat melalui LDII PC Kalisat juga melakukan penghijauan di bukit desa Sumberjeruk Kecamatan Kalisat yang langsung dipimpin oleh Camat Kalisat Drs. Sutarman bersama-sama dengan muspika setempat. LDII sangat peduli dengan kelesarian alam apalagi bernilai ibadah dan mencegah pemanasan global serta menghindari bencana banjir yang selama ini terus membanyangi tragedi banjir bandang Panti pada tahun 2007. 

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Go Green Bersama Bupati Jember. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s