Belasan siswa SMK di Bojonegoro Memilih Menikah sebelum Pelaksanaan UN

Sebanyak 19 siswa SMK di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, yang sudah terdaftar sebagai peserta ujian nasional (UN) 2011, batal mengikuti ujian itu karena menikah.

“Sebanyak 19 siswa SMK yang rata-rata rumahnya di pedesaan itu menikah sebelum pelaksanaan UN,” kata Kepala Bidang Pendidikan Umum dan Menengah Dinas Pendidikan Bojonegoro, Hanafi, Selasa (19/4).

Para siswa tersebut tidak mengikuti UN karena sebelumnya sudah mengundurkan dari dari lembaga pendidikannya.

“Sebenarnya siswa yang menikah bisa saja tetap mengikuti UN, sepanjang tata tertib lembaga pendidikan yang bersangkutan memberi izin,” katanya.

Berdasarkan data, jumlah total siswa SMK yang tidak mengikuti UN sebanyak 22 siswa, selain alasan menikah, satu siswa meninggal dunia dan dua siswa lainnya sakit.

Sementara itu, siswa SMA dan MA yang tidak hadir dalam pelaksanaan UN sebanyak 29 siswa, di antaranya satu siswa meninggal dunia dan satu siswa sakit.

Alasan ketidakhadiran mereka dalam UN itu mulai ada yang memang dikeluarkan, mengundurkan diri, dan juga alasan lainnya.

UN 2011 tingkat SMA/SMK/MA di Bojonegoro diikuti 137 lembaga pendidikan negeri dan swasta, dengan jumlah peserta UN terdaftar sebanyak 12.249 siswa.

“Sejauh ini pelaksanaan UN berjalan lancar,” ucapnya.

Secara terpisah, Anggota Komisi C DPRD Bojonegoro, Supaat menyatakan, sejauh ini dari hasil pemantauan yang dilakukan, tidak ditemukan hambatan dalam pelaksanaan UN di Bojonegoro.

Dari hasil sidak yang dilakukan di sejumlah lembaga pendidikan swasta dan negeri di sejumlah kecamatan, antara lain di Kecamatan Sumberrejo dan Baureno telah ditemukan soal UN yang jumlahnya melebihi jumlah siswa yang ada.

“Tidak masalah, sebab kelebihan soal langsung diamankan,” katanya mengungkapkan

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Pilih UAN atau Menikah?. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s