>Upaya LDII Sebagai Organisasi Kemasyarakatan Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

>LATAR BELAKANG

Negara Kesatuan Republik Indonesia
  1. Hakikat pembangunan nasional adalah pengembangan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, dengan Pancasila sebagai dasar, tujuan dan pedoman pembangunan nasional.
  2. Pembangunan nasional menghendaki keselarasan hubungan antar manusia dengan Tuhannya, antara sesama manusia dan antara manusia dengan lingkungannya.
  3. Masyarakat adalah pelaku utama pembangunan dan pemerintah berkewajiban untuk mengarahkan, membimbing serta menciptakan suasana yang menunjang kegiatan masyarakat dan kegiatan dalam satu kesatuan langkah menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional
  4. Tujuan pembangunan mewujudkan masayarakat yang adil dan makmur secara merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD’45 dalam wadah NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat dalam perikehidupan bangsa yang aman, tentram, tertib dan dinamis dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib dan damai.
  5. Asasa pembangunan nasional adalah prinsip pokok yang harus diterapkan dan dipegang teguh dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional yaitu:
  • Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Manfaat
  • Demokrasi Pancasila
  • Adil dan Merata
  • Kesinambungan, Keserasian dan Keselarasan dalam Perikehidupan
  • Hukum
  • Kemandirian
  • Kejuangan
  • Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

 KEBIJAKAN DALAM KELEMBAGAAN MASYARAKAT
UU RI No.8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan ( http://nasional.inilah.com/read/detail/795081/revisi-uu-ormas-pelajaran-bagi-fpi-fbr-forkabi ), PP No.18 Tahun 1986 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Organisasi Kemasyarakatan, Permendagri No.5 Tahun 1986 tentang Pelaksanaan Organisasi Kemasyarakatan.

  1. LDII sebagai organisasi kemasyarakatan mempunyai tujuan yaitu memberikan peningkatan kehidupan beragama, bermasyarakat dan turut serta membangun manusia Indonesia seutuhnya didalam susunan masyarakat Pancasila yang adil makmur jasmaniah maupun rohaniahnya.
  2. Fungsi LDII adalah sebagai wadah dan sarana bagi para di’i, mubaligh dan mubalighot didalam mengkaji dan melaksanakan karya dakwahnya, untuk menyampaikan dan menyebarluaskan agama Islam sebagai rahamatan lil ‘alamin (rahmat untuk seluruh alam).
  3. LDII bersifat sebagai lembaga pendidikan dakwah keagamaan dan lemgaba pendidikan kemasyarakatan dalam arti luas dan terpadu, untuk mewujudkan kebahagiaan hidup yang berdasarkan atas keselarasan dan kesinambungan dunia dan akhirat.
  4. Berdasarkan sistemnya, LDII merupkan lembagan pendidikan non formal dengan menyajikan ilmu keagamaan dan pengetahuan yang penekanannya kepada amaliah (karya) dan kekaryaan, untuk memenuhi hajat massa dalam proses pembangunan masyarakat
  5. Tugas pokok LDII dalam melaksanakan dakwah agama Islam dengan berpedoman pada kitab suci Al-Qur’an dan Sunnah Rosul dengan segenap aspek pengembangan dan kesejahteraannya, agar penghayatan beragama dapat memberikan hikmah dan dorongan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan Pancasila yang diridloi oleh Alloh SWT.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, LDII mengadakan usaha dan kegiatan di bidang pendidikan agama dan dakwah serta bidang ekonomi. Dalam pelaksanaan program ini, LDII mengadakan usaha dan kegiatan melalui upaya catur sukses LDII sebagai berikut:
Sukses Pertama  : Peningkatan Kinerja Organisasi

  1. Menata dan meningkatkan keberadaan serta kinerja LDII sebagai organisasi kemasyarakatan yang menitikberatkan pada kegiatan keagamaan dan pendidikan kemasyarakatan yang turut serta mendorong tercapainya tujuan nasional.
  2. Bekerjasama dengan lembaga, instansi pemerintah dan pranata sosial lainnya yang mempunyai kegiatan dan tujuan yang sama dengan lembaga ini dalam menggerakkan peran serta masyarakat.

Sukses Kedua     : Pendidikan dan Pembanguanan

  1. Menyelenggarakan upaya meningkatkan kualitas SDM sebagai insan yang mengutamakan nilai-nilai (beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama secara teori dan praktek, bersikap amanah, sadar akan harga diri dan bangsa yang memiliki kepercayaan diri, cerdas, terbuka, demokratis dan memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara).
  2. Mengupayakan kualitas SDM sebagai sumber daya pembangunan yang memiliki etos kerja produktif, ketrampilan, kreatif, disiplin, profesional, memiliki kemampuan memanfaatkan dan mengembangkan IPTEK yang berwawasan lingkungan.

Sukses Ketiga     : Pemberdayaan Potensi LDII

  1. Pemberdayaan potensi LDII diarahkan untuk mewujudkan kebagaiaan hidup yang didasarkan atas keselarasan, keserasian dan keseimbangan baik hidup manusia sebagai pribadi maupun dalam hubungan manusia dengan masyarakat, dengan alam dan Tuhannya serta dalam mengejar kehidupan lahiriah dan kebahagiaan bathiniah.
  2. Turut serta menggerakkan potensi cendekiawan profesi praktisi, pengusaha, wanita, generasi muda untuk melakukan pengabdian masyarakat di bidang peningkatan kualitas SDM, kesempatan kerja dan berusaha, penerapan IPTEK, melestarikan lingkungan hidup serta pemberdayaan ekonomi umat.
  3. Berupaya mengembangkan potensi dan mendayagunakan sumber daya secara bijaksana agar diperoleh nilai optimal bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Turut serta mengupayakan tercapainya perluasan lapangan kerja pada sektor industri, pertanian dan jasa serta kesempatan lapangan kerja yang terbuka sesuai dengan kemampuan, ketrampilan dan keahlian.

Sukses Keempat : Peran Serta Sosial dan Kemasyarakatan

  1. Mengambangkan peran serta sosial dan keamsayarakatan menuju terwujudnya masyarakat madani (berperadaban), demokrasi dan berkeadilan sosial dengan mengembangkan sikap ukhuwah islamiyah.
  2. Berupaya meningkatkan kesadaran, kepekaan dan kesetiakawanan sosial melalui kegiatan sosial dan peningkatan kesejahteraan yang dimaksudkan untuk memperkecil kesenjangan sosial.
  3. Turut serta mengupayakan terciptanya iklim yang kondusif bagi proses demokratisasi, keterbukaan dan adanya pengakuan terhadap hak asasi manusia.
  4. Menyampaikan masukan dan usulan yang bernuansa peningkatan kehidupan beragama yang harmonis kepada lembaga yang berwenang melaksanakan proses legislasi, dan turut serta mengupayakan peningkatan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in upaya ldii. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s