>KH. Prof. Dr. Ir. Abdullah Syam, M.Sc [Ketua Umum DPP LDII] Pimpin Sholat Idul Fitri 1431H

>

Bersama umat Muslim lainnya, warga LDII di Bogor merayakan ‘Iedul Fitri 1 Syawal 1431 H (10 September 2010) sebagai wujud kesyukuran atas keberhasilan menyelesaikan puasa Ramadhan. Perayaan ‘Iedul Fitri dimulai dengan melaksanakan sholat ‘Ied bersama di lapangan Gelanggang Remaja – Bogor. Sholat ‘Ied yang diikuti oleh sekitar 1000 orang peserta, yang terdiri atas Pengurus DPD LDII dan jajaran organisasi di bawahnya, warga LDII, dan masyarakat umum di sekitar lokasi tempat sholat, demikian informasi yang disampaikan oleh Dr. Ir. Radjab Tampubolon, sebagai Ketua DPD LDII Kota Bogor.

Dalam kesempatan ini Radjab, atas nama seluruh warga LDII mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Bogor atas segala bantuan dan perijinan yang dari tahun ke tahun diberikan berkaitan dengan penggunaan fasilitas lapangan Gelanggang Remaja Bogor kepada LDII untuk pelaksanaan Sholat ‘Ied. “Semoga di tahun-tahun yang akan datang kerjasama yang dilaksanakan dapat meningkat lebih baik lagi,” lanjut Radjab. “Bertindak sebagai imam dan khatib dalam sholat ‘Ied tahun ini adalah Ketua Umum (Ketum) DPP LDII – Prof. Dr. Ir. KH. Abdullah Syam, MSc.,”pungkas Radjab.
Dalam penjelasannya tentang isi khotbah sholat ‘Ied yang dibacakan dalam bahasa Arab, Ketum DPP LDII Abdullah Syam menggaris bawahi tiga poin penting terkait dengan bulan Ramadhan yang telah lewat, sholat ‘Ied, dan amal ibadah yang menanti di bulan Syawal. Tiga poin yang disampaikan diharapkan menjadi bahan renungan bagi warga LDII dan masyarakat umum peserta sholat ‘Ied di Lapangan Gelanggang Remaja Bogor.
Poin pertama: mengajak bersyukur atas karunia Alloh yang berupa kemampuan dan keberhasilan di dalam melewati bulan Ramadhan, bulan dimana Alloh melipatkan pahala amalan kebaikan setiap orang muslim. “Dalam bulan Ramadhan, warga LDII senantiasa berusaha meraih lima sukses Ramadhan, yaitu: sukses puasanya dan sukses sholat tarwihnya satu bulan penuh, sukses tadarus Al-Qur’annya – 30 juz, suskses I’tikaf dan mencari Lailatul Qodarnya, dan sukses zakat fitrahnya sebagai penyempurna puasa kita di Bulan Ramadhan. Dengan keberhasilan kita meraih lima sukses Ramadhan semoga Alloh menjadikan kita tergolong sebagai orang iman yang memperoleh kemenangan di akhir Ramadhan tahun ini,” demikian pesan Abdullah Syam.
Poin kedua: mengajak untuk memperbanyak shodaqoh dan menyambung famili (silaturrahim). Di dalam salah satu hadits Rasulalloh dinyatakan kurang lebih “tidak akan masuk syurga bagi orang yang memutus famili.” Untuk itu saya pesankan “Bagi yang masih punya kedua orang-tua, setelah sholat ‘Ied ini segera bersilaturrahim kepada beliau-beliau. Selanjutnya supaya bersilaturrahim kepada para saudara-saudara se-nasab (se-keturunan) dan kepada para tetangga yang dekat di sekeliling  rumah kita masing-masing dan tetangga yang jauh, kita buka hubungan silaturrahim dan jangan memutus famili.” Dan bagi yang mempunyai rizki lebih, bawalah dan shodaqohkanlah sebagian dari kelebihan rizki yang diberikan Alloh SWT kepada tetangga dan fakir-miskin yang membutuhkan, baik yang muslim dan non-muslim, lanjut Abdullah Syam.
Poin ketiga: mengajak para umat muslimin yang hadir untuk menyambung ibadah puasa Ramadhan dengan puasa enam hari di bulan Syawal. Sebagaimana di dalam hadits Rasulalloh yang terjemahan bebasnya menetapi puasa enam hari dibulan Syawal, sesudah puasa secara penuh di Bulan Ramadhan, maka pahalanya sebagaimana puasa satu tahun. “Prakteknya boleh dilakukan tgl. 2-7  Syawal secara langsung  atau dilalukan secara bertahap, yang penting puasa enam harinya dilaksanakan di bulan Syawal,” pungkas Abdullah Syam.

Bersalaman antara peserta dengan Ketum DPP, pengurus dan wanhat DPD LDII Kota Bogor
Sholat ‘Ied diakhiri dengan bersalam-salaman antara warga LDII dengan Ketua Umum DPP LDII, jajaran pengurus dan Dewan Penasihat DPD LDII Kota Bogor, serta para ulama sepuh LDII yang hadir dalam acara sholad ‘Ied tahun ini. Ucapan “taqobalallohu minna waminkum” sama-sama disampaikan sejalan dengan jabat-tangan sebagai wujud syukur telah selesainya puasa Ramadhan 1431 H.
Foto bersama Ketua Umum DPP, Pengurus dan Wanhat DPD LDII Kota Bogor

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s