>LDII Khutbah dengan Bahasa Arab? … Apakah Jamaah Sholatnya Mengerti? …Lalu apakah Sholatnya Saaaah???

>

Tujuan LDII adalah:
“Meningkatkan kualitas peradaban, hidup, harkat dan martabat kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta turut serta dalam pembangunan manusia Indonesia sutuhnya, yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa guna terwujudnya masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan sosial berdasarkan Pancasila, yang diridhoi Allah Subhanahu Wa ta’ala.” 
Dalam rangka itu DPD LDII Kabupaten Jember secara umum dan rutin mengadakan pengajian setiap Minggu kedua setiap bulannya yang dihadiri oleh warga LDII dan simpatisan guna meningkatkan akidah dan keimanan kepada Alloh SWT. Al-Qur’an sebagai kitab suci orang islam disampaikan secara jelas baik bacaan, makna maupun keterangannya oleh para penyampai atau da’i yang mempunyai ilmu nahwu sorof dan tilawatil Qur’an. 
Agar warga LDII dan simpatisan mengerti dan faham tentang khutbah yang biasa dibacakan di mimbar-mimbar Jum’at, dalam pengajian umum dan rutin tersebut dikajikan pula kitabul khutbah yang telah disusun dan bukukan serta biasa dibacakan pada setiap khutbah di masjid-masjid warga LDII. Sehingga diharapkan pada sholat Jum’at warga LDII maupun simpatisan dapat mengerti dan menghayati makna yang terkandung dalam khutbah Jum’at yang biasa dibacakan dalam bahasa Arab. 
Pengajian umum yang rutin diselenggarakan oleh DPD LDII Kabupaten Jember ini secara umum dan rutin telah dihadiri oleh berbagai kalangan dan berkumpul dalam satu majlis ta’lim bertempat di Masjid Al-Mansyurin Jl. Langsep Raya No.10 Patrang Jember. Dalam kesempatan itu Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf. Seno Aji, berkesempatan hadir dan memberikan tausiyah kepada warda LDII Jember.
Khutbah Jum’at di masjid LDII menggunakan Bahasa Arab karena tidak ada satupun Ulama yang menyatakan bahwa khutbah Jum’at dengan bahasa Arab itu tidak sah, walaupun mustami’in tidak seluruhnya bisa memahami isi khutbah, apalagi LDII secara rutin memberikan materi khutbah pada setiap warganya sehingga apa yang dibaca waktu khutbah dapat dimengerti oleh jamaahnya.

Seperti halnya ketika musim haji dimana Imam Masjidil Harom menyampaikan khutbah berbahasa Arab sedangkan mustami’in yang datang dari seluruh dunia belum tentu bisa mengerti isi khutbah tersebut.

About jemberldii

Membangun Aqidah Umat dengan Ilmu dan Hikmah, Berakhlakul Karimah dan Memiliki Kemandirian
This entry was posted in Hutbah Jum'at. Bookmark the permalink.

2 Responses to >LDII Khutbah dengan Bahasa Arab? … Apakah Jamaah Sholatnya Mengerti? …Lalu apakah Sholatnya Saaaah???

  1. LDII says:

    >Semoga Informasi ini dapat membantu untuk mengetahui LDII yang ada di Jember.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s