>

Pembekalan materi workshop “Gerakan Internet Sehat dan Pelatihan Citizen Journalism”  oleh Ludy Cahyono (wartawan kompas) hari ke tiga Sabtu 3 April 2010 di Wisma Tentrem Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri,  menjadikan para peserta workshop untuk menjadi Wartawan Sukses Dua Dunia.


Langkah awal menjadi wartawan sukses dua dunia salah satunya dengan memahami :
Teknik Penulisan Straight News
sebagai elementnya:
1. What?……………..peristiwa apa yang sedang terjadi
2. Where?……………dimana peristiwa itu terjadi
3. When?……………..kapan kejadiannya dan apa kaitannya dg peristiwa yg lain
4. Why?……………..alasan kenapa peristiwa itu terjadi and
5. How?…………….bagaimana cerita lengkapnya

Langkah berikutnya adalah muatan dakwah bil hal dengan memberikan informasi-informasi positif keagamaan kepada masyarakat sahal satu contoh dengan gerakan berinternet secara sehat dan membuat blogger DPD LDII oleh setiap peserta perwakilan dari DPD kabupaten dan kotanya masing-masing. Diharapkan dengan informasi yang positif dan sesungguhnya tentang keberadaan dan peran LDII dalam membangun Ukhuwah Islamiyah di tengah-tengah masyarakat. Sehingga LDII sebagai bagian Ormas Islam terbesar di Indonesia dapat dikenal dimasyarakat dan isu-isu yang tidak benar dan menyesatkan tentang LDII dapat diluruskan dengan benar.

Ludy menjelaskan bahwa :
sebelum terjun pada suatu peristiwa, seorang wartawan harus berangkat dari nol/zerro artinya ketidak tahuan atas kejadian dan menyiapkan beberapa pertanyaan, alat tulis dan perekam dengan melakukan wawancara baik kepada pelaku peristiwa ataupun saksi peristiwa dan melakukan pengamatan tempat kejadian peristiwa.

Kriteria berita besar
1. Citra dimasyarakat yang besar, contoh tokoh besar,
2. Kuantitas berita dan pengerahan massa,
3. Kepentingan massa
4. Penulisan berita yg sesungguhnya dan bermuatan

Kutipan: Jumpa Pers dengan Ketua Panitia Workshop


1. Kenapa judul yg diambil pada workshop adalah Gerakan Internet Sehat?
ketua panitia : karena LDII seagai lembaga dakwah perlu mengajak dan mendorong kepada segenap warga LDII untuk memanfaatkan internet ke arah yang positif sekaligus dapat menghindari efek negatif dari internet itu sendiri. Bersama Depkominfo LDII menandatangani MOU melakukan Gerakan Internet Sehat dan menyebarluaskan kepada masyarakat umumnya dan kepada warga LDII pada khususnya.


2. Ada berita bahwa MUI telah mengharomkan facebook, bagaimana LDII menyikapi berita tersebut dan bagaimana pandangan LDII atas facebook?
ketua panitia : LDII masih akan mengkaji kebenaran berita tersebut, karena LDII merasa bagian dari MUI dan beberapa kader LDII juga ada yang duduk bersama di MUI dan belum mendapatkan berita yang up to date. Tanggapan LDII seperti yang telah dikatakan oleh ketua DPD LDII Jatim, Ir.Chriswanto Santoso, M.Sc bahwa facebook tidak lain hanyalah sebagian dari sampahnya internet yg manfaatnya sangat kecil sekali, namun apabila facebook, twitter, massengger dan sejenisnya kalau digunakan secra sehat dan positif maka hasilnya juga kan sehat dan positif, dengan kata lain internet dan semua sarana yg terkandung didalamnya akan berakibat sehat dan positif jika yg memakainya seht dan berorientasi positif begitu pula sebaliknya.    

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s